TUGAS
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
PERBANDINGAN WEB PEMERINTAH DENGAN
SWASTA
O
L
E
H
METRIZAL MARZA
18527/2010
DOSEN GAUL
H.Aldri Frinald, S.H. M.hum
19700212
199802 1 001
PRODI ILMU ADMINISTRASI NEGARA
JURUSAN ILMU SOSIAL POLITIK
FAKULTAS ILMU SOSIAL
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
2013
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Organisasi pemerintah yang berbasis
kepada Teknologi Informasi menjadi hal yang sangat penting dalam abad ke dua
puluh satu di era milineum ketiga ini. Teknologi Informasi adalah suatu
teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan,
menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan
informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu[12].
Kekuatan suatu organisasi pemerintahan akan sangat tergantung kepada informasi
atau pengetahuan yang dimilikinya, informasi akan menjadi perekat unsur-unsur
yang ada dalam suatu organisasi.
Organisasi yang berbasis kepada
Teknologi Informasi akan berkembang dengan cepat bersamaan dengan makin
tersedianya perangkat komputer yang murah dan mudah didapat. Beberapa periode
yang lalu sedikit sekali orang mendapatkan manfaat dari penggunaan komputer.
Namun pada saat sekarang ini, kebutuhan akan informasi yang realtime sudah
menjadi kebutuhan utama dimana akses informasi tersebut tidak hanya diperoleh
melalui komputer (PC), namun bisa juga diakses melalui laptop, handphone dan
gadget yang terbaru melalui jaringan internet. Penggunaan internet
mempunyai kemampuan menghubungkan keperluan penduduk, bisnis, dan kegiatan
lainnya. Bisa merupakan suatu proses transaksi bisnis antara publik dengan
pemerintah melalui sistem otomasi, lebih umum lagi dikenal sebagai world
wide web.
B.
RUMUSAN
MASALAH
Berdasarkan latar belakang diatas, maka permasalahan
yang akan dilihat yaitu mengenai perbedaan web pada organisasi pemerintah dan
swasta.
C.
TUJUAN
Tujuan penulisan ini untuk
mengetahui secara jelas perbedaan web pemrintah dan swasta.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Website Pemerintah
Pemerintah
dalam menjalani tugasnya untuk memenuhi kebutuhan rakyat, itu merupakan sebuah
keharusan yang diamanatkan oleh UUD 1945. Dengan zaman sekarang yang tentunya
media sangat dibutuhkan oleh Pemerintah dan masyarakat, tentunya dengan media,
masyarakat bisa menjalankan komunikasi yang lancar dengan pemerintah kota
setempat. Proses komunikasi yang lancar menandakan bahwa terjalin suasana
kondusif antara yang diperintah dan memerintah. Penggunaan jasa internet
yang saat ini memberikan kemudahan bagi Pemerintah dan masyarakat untuk
mengkomunikasikan kebijakan sertamemudahkan masyarakat untuk mengenal
pemerintah tempat tinggalnya, terkait dengan kebijakan pemerintah pusat untuk
mengembangkan proses e-government tentunya sangat cocok untuk mempraktekan
pemerintahan yang berbasis teknologi komunikasi.
Terkait
dengan Website, memang tidak mudah untuk selalu meng-update berita-berita
tertentu tetapi memang sudah keharusan agar terciptanya kondisi komunikasi 2
arah yang baik.
Kelengkapan
profil pemimpin pada website pemerintah
itu sangat penting, karena apabila masyarakat tidak tahu profil
pemimpinnya maka kepedulian masyarakat terhadap pemimpinnya berkurang. Kondisi
tampilan website terkait tidak terlalu buruk dengan disisihkan
gambar-gambar budaya dan lambang kota.
Melihat adanya video terbaru menandakan memang adanya kegiatan yang terkait
tersimpan dan terpublikasi dengan baik. Selain itu, web ini memiliki pembagian
khusus berita-berita pembangunan, pemerintahan, kesejahteraan dan ekonomi.
Namun berita tersebut terkadang sudah lama dan terposting dengan buruk.
Dalam segi pelayanan, web ini sangat kurang
karena tidak adanya komunikasi 2 arah, diantaranya dikarenakan tidak adanya
proses komunikasi yang diharapkan mungkin kurangnya update dari pemerintah
terkait serta kurangnya minat masyarakat untuk mengakses website ini.
Pemberitaan yang lama membuat bosan dan kurang bobot dalam proses komunikasi.
Setiap perubahan pasti ada ketidaksempurnaan, begitu juga dengan pemerintah,
perubah-perubahan yang berjalan dengan baik merupakan upaya yang bagus, tetapi
harus adanya perbaikan agar masyarakat lebih mengerti dan mengetahui
pemimpinnya. Pemerintah harus selalu mengevaluasi dengan kondisi masyarakat
yang seharusnya peduli terhadap wilayah tempat tinggalnya.
Pada perkembangannya fungsi website
diharapkan tidak hanya berfungsi sebagai sumber informasi yang bersifat pasif,
namun diharapkan bisa bersifat dinamis, sehingga fungsi dan peran website
menjadi dua arah dan timbul efek timbal balik. Seperti telah di jelaskan dalam
Instruksi Presiden No. 3 tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional
Pengembangan E-Government, yang mana berangkat dari pemikiran tentang
pertimbangan pemanfaatan Teknologi Informasi dalam proses pemerintahan yang
diyakini akan meningkatkan efesiensi, efekstifitas, transparansi serta
akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan[11]. Dengan terwujudnya
website yang bersifat dinamis, diharapkan akan diperoleh aliran informasi yang
optimal antara pemerintah-masyarakat dan sebaliknya, sehingga masyarakat akan
terbangun rasa memiliki dan rasa kebutuhan akan website tersebut sebagai
penyambung aspirasinya. Seiring dengan itu dengan adanya kemanfaatan website
tersebut akan semakin meningkatkan efesiensi dan efektifitas penyelenggaraan
pemerintahan.
Unsur terpenting dari sebuah
tampilan yang efektif situs web di internet adalah isi (content)
dan disain yang baik serta menarik. Sebuah situs web pemerintah daerah
mempunyai persyaratan minimal untuk isi. Pengelola situs web pemerintah
daerah harus mampu menentukan apa yang diharapkan oleh para pengguna mengenai
apa yang seharusnya ada di situs web.
B. Website
Swasta
Perkembangan teknologi semakin hari
semakin maju. Internet merupakan teknologi yang perkembangannya paling pesat
saat ini. Orang dari berbagai kota besar dan kota kecil mudah sekali mengakses
internet. Bahkan dengan akses internet yang disediakan oleh penyedia jasa
telepon/telekomunikasi, orang-orang di pelosok telah bisa mengakses baik lewat
komputer maupun lewat handphone maupun komputer tablet yang sekarang berkembang
pesat. Bisa dipastikan hampir semua orang yang menggunakan smartphone telah
menggunakan internet. Dengan demikian internet merupakan media yang bisa
diakses semua orang.
Dengan tersedianya media yang bisa
diakses semua orang, maka perusahaan yang ingin dikenal secara luas maupun
perusahaan yang ingin menjaga hubungan dengan pelanggannya perlu membuat
situs/website yang berisi informasi profil perusahaan maupun jasa/produk yang
diberikan.
Dengan
adanya situs Website pada sebuah perusahaan tentunya memudahkan masyarakat
dalam mengetahui semua tentang perusahaan tersebut. Dengan mengamati website
terkait dapat disimpulkan bahwa website swasta sangat kreatif dan memiliki
karakteristik berbeda. Mungkin sebagai perusahaan swasta yang memiliki SDM yang
terpilih untuk mengelola website ini memang handal dalam teknologi informasi.
Prusahaan yang bergerak di bidang pangan ini memiliki web yang begitu update
segala jenis pangan yang perusahaan itu jual memiliki identitas masing-masing.
Perusahaan
yang memiliki web khusus menjadikan sebagai proses pengenalan kepada masyarakat
untuk daya tarik produk yang mereka jual agar masyarakat lebih terbiasa dalam
mengenal mereka. Tetapi memang di Indonesia ini masyarakat tertentu yang bisa
mengakses web ini, tentunya mereka juga berperan penting dalam membangun negeri
ini dengan juga menjadikan produk Indonesia terkenal di luar negeri.
Manfaat dari
website bagi perusahaan adalah:
a)
Meningkatkan
visibilitas/kehadiran perusahaan. Dengan membuat website perusahaan
berarti menambah visibilitas/kehadiran perusahaan. Bisa diibaratkan perusahaan
membuka showroom (ruang pamer) yang baru
b)
Menyediakan
informasi profil perusahaan secara detail. Pada saat suatu perusahaan
berhubungan dengan perusahaan lain yang baru dikenalnya (misal baru saja
menerima penawaran), mungkin dia akan mencari tahu lebih mengenai profil
perusahaan yang baru saja memberikan penawaran. Perusahaan ini harus mengetahui
profil dari perusahaan lain yang mungkin akan menjadi rekanan perusahaan
tersebut. Perusahaan tersebut dapat mencari informasi lebih dalam dalam website
perusahaan rekanan.
c)
Mengkomunikasikan
produk dan jasa perusahaan secara mendetail. Dalam proses pemasaran, mungkin
kita melakukan iklan di koran/majalah, iklan pada sebuah papan reklame, atau
membuat brosur. Tempat/space yang disediakan dalam koran/majalah, papan reklame
atau brosur pasti dibatasi dan tidak mudah untuk diubah informasinya. Sedangkan
dalam website kita dengan mudah menambah informasi yang lebih mendetail dari
produk-produk atau jasa-jasa yang kita tawarkan. Jika perusahaan kita
memiliki website maka kita hanya perlu meninggalkan alamat website/situs kita
di dalam koran/majalah, papan reklame atau brosur untuk memudahkan orang atau perusahaan
mendapatkan informasi lebih detail mengenai produk atau jasa yang kita
ditawarkan.
d)
Mengingatkan
calon pelanggan yang lupa. Dalam proses pemasaran, calon pelanggan menerima
informasi mengenai perusahaan dan jasa kita yang mungkin didapat melalui
presentasi, melihat brosure, browsing atau melihat iklan. Calon pelanggan
mungkin kehilangan kartu nama perusahaan kita dan saat membutuhkan jasa kita
dia akan mencari di internet(search engine) dan melakukan pencarian dengan
keyword nama perusahaan kita. Jika kita sudah memiliki perusahaan, maka calon
pelanggan akan dengan mudah menemukan website kita dan kemudian menghubungi
kita dan kita dapat menjual jasa/produk kita.
e)
Memudahkan
pelanggan menghubungi kita. Seperti kasus sebelumnya, pelanggan mungkin
kehilangan kartu nama atau nomor telepon perusahaan kita. Pelanggan tentu
mengingat nama perusahaan kita, kemudian melakukan pencarian di internet ,
mencari perusahaan kita, menemukan dan menghubungi kita kembali.
f)
Meningkatkan
kualitas layanan pelanggan Dalam website kita dengan mudah menambahkan
informasi-informasi yang terkait dengan produk atau jasa kita. Kita dapat
menambahkan informasi mengenai hal-hal yang memecahkan persoalan yang mungkin
dihadapi pelanggan. Informasi ini dapat langsung dibaca pelanggan atau sebagai
pedoman bagi bagian support. Dengan demikian pelanggan mudah mendapatkan
informasi mengenai keluhannya dan bagian support juga dipermudah dalam melayani
pelanggannya.
g)
Meningkatkan
kredibilitas perusahaan. Perusahaan yang memiliki website akan terkesan maju
dan modern. Dengan demikian maka kredibilitas perusahaan akan meningkat.
h)
Sarana
Penjualan Produk. Jika kita mempunya produk barang atau jasa yang
ingin dipasarkan di internet, maka kita harus punya website. Website itu
fungsinya adalah sebagai alat untuk memperkenalkan produk kepada dunia internet
(Publikasi Bisnis) . Dengan banyaknya pemakai internet, Maka kita memiliki
peluang untuk mendapatkan calon pembeli dengan jumlah yang cukup banyak.
i) Mempermudah
Komunikasi. Lewat website, kita bisa berkomunikasi dengan mudah. Baik itu dengan
klien , dengan teman-teman kita, dengan calon konsumen dan sebagainya. Dengan
adanya website tentunya kita bisa menghemat biaya komunikasi dan administrasi
karena website modern itu dilengkapi dengan berbagai fitur komunikasi yang
memungkinkan kita berbicara dengan pengelola website. Adanya kotak komentar di
website, adanya form contact adalah sebagian kecil dari cara komunikasi lewat
website.
j) Memperkenalkan
Profil Perusahaan. Semakin banyak orang yang mengenal profil perusahaan
kita maka akan makin terkenal profil tersebut yang berkelanjutan dengan
dikenalnya prodak yang kita jual. Sebuah perusahaan atau organisasi tentu mau
jika profilnya dikenal luas. Untuk itu memilih website sebagai media publikasi
profil perusahaan adalah salah satu cara yang inovatif karena dengan website
perusahaan dapat beriklan dan menyampaikan informasi tanpa henti 24 jam sehari.
Selain itu juga memberikan edukasi klien dan calon klien tentang produk
atau jasa yang diberikan.
k) Mendatangkan
Calon Konsumen. Sebuah website juga bisa dijadikan sebagai sarana
untuk mendatangkan calon konsumen. Banyak perusahaan yang bisa menarik
klien dari luar daerah atau bahkan luar negeri lewat website yang mereka
miliki. Seperti yang kita ketahui, jumlah pengunjung website tidak hanya dari
Indonesia, tetapi dari luar negeri. Hal tersebut tentunya sangat menguntungkan
untuk perusahaan.
l) Menjadi
Sarana Resmi Publikasi Perusahaan . Lewat website, perusahaan
bisa menjadikannya sebagai sarana publikasi resmi. Misalnya perusahaan
kita mengadakan undian berhadiah, maka informasi seputar kegiatan tersebut bisa
ditampilkan lewat website yang dimiliki. Bahkan, hampir semua perusahaan
dituntut untuk memiliki website.
m) Branding. Membangun
branding juga sangat penting bagi perusahaan. Nah peran membangun branding juga
bisa dilakukan lewat website. Banyak website yang didesain secara khusus dan
memiliki ciri khas tersendiri dari suatu perusahaan. Untuk itu branding lewat
website sangat diperlukan .
n) Kemudahan
Memberi Informasi. Dengan memiliki sebuah website, perusahaan akan mudah
untuk mengupdate informasi terbaru. Seperti jadwal kegiatan, berita terbaru,
dan lain sebagainya. Dengan adanya website, konsumen maupun calon konsumen
tetap bisa mengetahui perkembangan terbaru dari perusahaan Anda meski jaraknya
sangat jauh. Selain itu, umumnya konsumen akan lebih suka berinteraksi dengan
customer service perusahaan lewat sebuah website karena kepraktisannya.
o) Kemudahan
Melakukan Polling. Polling juga merupakan sarana untuk mengetahui
keadaan dan keinginan konsumen atau calon konsumen saat ini. Lewat website,
kita bisa membuat polling dengan mudah dan praktis namun bisa dimaksimalkan. Di
internet ada banyak penyedia layanan pembuatan form isian polling yang bisa
kita tampilkan di website. Dengan kemudahan ini, tentu polling juga bisa
dilakukan lewat website.
p) Menimbulkan
Kesan Profesional . Sebuah perusahaan yang memiliki website, sudah pasti
akan mendapatkan perhatian lebih dari perusahaan yang belum memiliki website.
Konsumen maupun calon konsumen pasti akan melihat lebih dulu kepada perusahaan
yang sudah memiliki website. Dengan adanya website mempermudah klien dalam
melakukan bisnis. Meningkatkan kepercayaan atas bisnis yang kita berikan.
Desain dan isi website dapat mencerminkan keseriusan anda atau perusahaan anda.
Itulah sebabnya perusahaan harus punya website.
q) Mencari
Partner baru . Banyak perusahaan yang terkadang membutuhkkan
partner untuk saling bekerja sama. Nah dengan mempublikasikan perusahaan lewat
website yang dioptimalkan, akan semakin banyak orang yang tahu mengenai
keberadaan dan eksistensi perusahaan. Dari sana mungkin saja perusahaan bisa menemukan
partner bisnis yang cocok dan menguntungkan. Bahkan kita juga bisa memiliki
paertner dari luar negeri
C. Perbandingan
Website Pemerintah dengan Swasta
Setiap
orang selalu memerlukan beragam barang dan jasa baik yang disediakan oleh
pemerintah maupun swasta. Prodauk barang atau jasa yang disediakan pemerintah (
public goods) diantaranya adalah pelayanan atas keamanan, pelayanan identitas
diri seperti KTP, SIM maupun akta tanah, pelayanan listrik, pelayanan
pendidikan maupun kesehatan.Meskipun untuk yang dua hal terakhir (pelayanan
pendidikan dan kesehatan), pihak swasta juga menyediakannya. Masyarakat berhak
memilihnya, sebab penyediaan layanan pendidikan maupun kesehatan tergolong pada
substitute public goods (penyediaan pelayanan atas barangdan/atau jasa yang
dilakukan lembaga pemerintah dan juga lembaga swasta).
Yang
menjadi perbedaan mendasar antara pelayanan yang disediakan oleh negara
(institusi pelayanan publik) dan swasta adalah dari sudut peran. Bahwa negara
wajib mengelola sumber daya yang dimiliki dan mengalokasikan (dalam bentuk
pelayanan publik dan subsidi) kepada rakyat demi kesejahteraannya. Oleh karena
itulah, institusi pelayanan publik
bertanggungjawab kepada otoritas politik dan hukum. Disamping itu
pelayanan oleh pemerintah tidak bersifat mencari laba non-profit oriented). Hal
ini dikarenakan sumber pendanaan
institusi publik berasal dari dana publik, yang berasal dari retribusi dan
pajak. Artinya penyediaan layanan tidak boleh memperhitungkan seberapa besar
profit ataukeuntungan yang diperoleh. Sehingga, pelayanan publik akan bersifat
ekonomis artinya biaya yang dibebankan harus terjangkau oleh masyarakat, bahkan
gratis.
Pelayanan
publik kita terbukti buruk dan berwajah angker terhadap konsumen, terutama,
yang berasal dari kelas bawah. Pepatah “konsumen adalah raja”, kalimat yang
tidak pernah diindahkan oleh birokrasi
sebagai penyedia layanan, dan mereka lupa bahwa rakyat adalah pemilik negara
sementara mereka adalah pelayan atau dayang-dayangnya. Sistem dan perilaku
birokrasi pelayanan publik lebih pada mencerminkan model organisasi yang tidak
efisien dan efektif, minim akuntabilitas serta tidak berorientasi kepada
masyarakat sebagai konsumen yang dilayaninya. Padahal di negeri ini sudah
banyak produk peraturan perundangan yang dukeluarkan guna menjadikan pelayanan
publik menjadi baik dan melindungi konsumen, namun masih sekedar menjadi
tumpukan dokumen semata yang tidak ada kekuatan apapun.
BAB III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Bagi
setiap organisasi pada era globalisasi saat ini penguasaan IT itu sangat
penting baik bagi organisasi pemerintah maupun organisasi swasta. Penggunaan
web pada organisasi pemerintah dan swasta sangat memberikan manfaat bagi
masyarakat sebagai penerima layanan dan sebagai konsumen. Dimana didalam web
tersebut pihak-pihak organisasi dapat memberikan pelayanan, berbagi informasi
dan berita terbaru yang dibutuhkan oleh masyarakat.
DAFTAR PUSTAKA
Davis.
Gordon, “ Kerangka Dasar
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN bagian 1 PNGANTAR”, seri
manajemen No. 90-A, PT Pustaka Binaman Pressindo, Jakarta, agustus 1999

Tidak ada komentar:
Posting Komentar