Selasa, 19 November 2013

PERBANDINGAN WEB PEMERINTAH DENGAN SWASTA



TUGAS
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
PERBANDINGAN WEB PEMERINTAH DENGAN SWASTA



O
L
E
H

METRIZAL MARZA
18527/2010



DOSEN GAUL
H.Aldri Frinald, S.H. M.hum
  19700212 199802 1 001


PRODI ILMU ADMINISTRASI NEGARA
JURUSAN ILMU SOSIAL POLITIK
FAKULTAS ILMU SOSIAL
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
2013
BAB I
PENDAHULUAN


A.    LATAR BELAKANG

Organisasi pemerintah yang berbasis kepada Teknologi Informasi menjadi hal yang sangat penting dalam abad ke dua puluh satu di era milineum ketiga ini. Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu[12]. Kekuatan suatu organisasi pemerintahan akan sangat tergantung kepada informasi atau pengetahuan yang dimilikinya, informasi akan menjadi perekat unsur-unsur yang ada dalam suatu organisasi.
Organisasi yang berbasis kepada Teknologi Informasi akan berkembang dengan cepat bersamaan dengan makin tersedianya perangkat komputer yang murah dan mudah didapat. Beberapa periode yang lalu sedikit sekali orang mendapatkan manfaat dari penggunaan komputer. Namun pada saat sekarang ini, kebutuhan akan informasi yang realtime sudah menjadi kebutuhan utama dimana akses informasi tersebut tidak hanya diperoleh melalui komputer (PC), namun bisa juga diakses melalui laptop, handphone dan gadget yang terbaru melalui jaringan internet. Penggunaan internet mempunyai kemampuan menghubungkan keperluan penduduk, bisnis, dan kegiatan lainnya. Bisa merupakan suatu proses transaksi bisnis antara publik dengan pemerintah melalui sistem otomasi, lebih umum lagi dikenal sebagai world wide web.

B.     RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang diatas, maka permasalahan yang akan dilihat yaitu mengenai perbedaan web pada organisasi pemerintah dan swasta.

C.    TUJUAN
            Tujuan penulisan ini untuk mengetahui secara jelas perbedaan web pemrintah dan swasta.

BAB II
PEMBAHASAN

A.    Website Pemerintah
Pemerintah dalam menjalani tugasnya untuk memenuhi kebutuhan rakyat, itu merupakan sebuah keharusan yang diamanatkan oleh UUD 1945. Dengan zaman sekarang yang tentunya media sangat dibutuhkan oleh Pemerintah dan masyarakat, tentunya dengan media, masyarakat bisa menjalankan komunikasi yang lancar dengan pemerintah kota setempat. Proses komunikasi yang lancar menandakan bahwa terjalin suasana kondusif antara yang diperintah dan memerintah. Penggunaan jasa internet yang saat ini memberikan kemudahan bagi Pemerintah dan masyarakat untuk mengkomunikasikan kebijakan sertamemudahkan masyarakat untuk mengenal pemerintah tempat tinggalnya, terkait dengan kebijakan pemerintah pusat untuk mengembangkan proses e-government tentunya sangat cocok untuk mempraktekan pemerintahan yang berbasis teknologi komunikasi.
Terkait dengan Website, memang tidak mudah untuk selalu meng-update berita-berita tertentu tetapi memang sudah keharusan agar terciptanya kondisi komunikasi 2 arah yang baik.
Kelengkapan profil pemimpin pada website pemerintah  itu sangat penting, karena apabila masyarakat tidak tahu profil pemimpinnya maka kepedulian masyarakat terhadap pemimpinnya berkurang. Kondisi tampilan website terkait tidak terlalu buruk dengan disisihkan gambar-gambar  budaya dan lambang kota. Melihat adanya video terbaru menandakan memang adanya kegiatan yang terkait tersimpan dan terpublikasi dengan baik. Selain itu, web ini memiliki pembagian khusus berita-berita pembangunan, pemerintahan, kesejahteraan dan ekonomi. Namun berita tersebut terkadang sudah lama dan terposting dengan buruk.
  Dalam segi pelayanan, web ini sangat kurang karena tidak adanya komunikasi 2 arah, diantaranya dikarenakan tidak adanya proses komunikasi yang diharapkan mungkin kurangnya update dari pemerintah terkait serta kurangnya minat masyarakat untuk mengakses website ini. Pemberitaan yang lama membuat bosan dan kurang bobot dalam proses komunikasi. Setiap perubahan pasti ada ketidaksempurnaan, begitu juga dengan pemerintah, perubah-perubahan yang berjalan dengan baik merupakan upaya yang bagus, tetapi harus adanya perbaikan agar masyarakat lebih mengerti dan mengetahui pemimpinnya. Pemerintah harus selalu mengevaluasi dengan kondisi masyarakat yang seharusnya peduli terhadap wilayah tempat tinggalnya.
Pada perkembangannya fungsi website diharapkan tidak hanya berfungsi sebagai sumber informasi yang bersifat pasif, namun diharapkan bisa bersifat dinamis, sehingga fungsi dan peran website menjadi dua arah dan timbul efek timbal balik. Seperti telah di jelaskan dalam Instruksi Presiden No. 3 tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan E-Government, yang mana berangkat dari pemikiran tentang pertimbangan pemanfaatan Teknologi Informasi dalam proses pemerintahan yang diyakini akan meningkatkan efesiensi, efekstifitas, transparansi serta akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan[11]. Dengan terwujudnya website yang bersifat dinamis, diharapkan akan diperoleh aliran informasi yang optimal antara pemerintah-masyarakat dan sebaliknya, sehingga masyarakat akan terbangun rasa memiliki dan rasa kebutuhan akan website tersebut sebagai penyambung aspirasinya. Seiring dengan itu dengan adanya kemanfaatan website tersebut akan semakin meningkatkan efesiensi dan efektifitas penyelenggaraan pemerintahan.
Unsur terpenting dari sebuah tampilan yang efektif situs web di internet adalah isi (content) dan disain yang baik serta menarik. Sebuah situs web pemerintah daerah mempunyai persyaratan minimal untuk isi. Pengelola situs web pemerintah daerah harus mampu menentukan apa yang diharapkan oleh para pengguna mengenai apa yang seharusnya ada di situs web.

B.     Website Swasta
Perkembangan teknologi semakin hari semakin maju. Internet merupakan teknologi yang perkembangannya paling pesat saat ini. Orang dari berbagai kota besar dan kota kecil mudah sekali mengakses internet. Bahkan dengan akses internet yang disediakan oleh penyedia jasa telepon/telekomunikasi, orang-orang di pelosok telah bisa mengakses baik lewat komputer maupun lewat handphone maupun komputer tablet yang sekarang berkembang pesat. Bisa dipastikan hampir semua orang yang menggunakan smartphone telah menggunakan internet. Dengan demikian internet merupakan media yang bisa diakses semua orang.
Dengan tersedianya media yang bisa diakses semua orang, maka perusahaan yang ingin dikenal secara luas maupun perusahaan yang ingin menjaga hubungan dengan pelanggannya perlu membuat situs/website yang berisi informasi profil perusahaan maupun jasa/produk yang diberikan.
Dengan adanya situs Website pada sebuah perusahaan tentunya memudahkan masyarakat dalam mengetahui semua tentang perusahaan tersebut. Dengan mengamati website terkait dapat disimpulkan bahwa website swasta sangat kreatif dan memiliki karakteristik berbeda. Mungkin sebagai perusahaan swasta yang memiliki SDM yang terpilih untuk mengelola website ini memang handal dalam teknologi informasi. Prusahaan yang bergerak di bidang pangan ini memiliki web yang begitu update segala jenis pangan yang perusahaan itu jual memiliki identitas masing-masing.
Perusahaan yang memiliki web khusus menjadikan sebagai proses pengenalan kepada masyarakat untuk daya tarik produk yang mereka jual agar masyarakat lebih terbiasa dalam mengenal mereka. Tetapi memang di Indonesia ini masyarakat tertentu yang bisa mengakses web ini, tentunya mereka juga berperan penting dalam membangun negeri ini dengan juga menjadikan produk Indonesia terkenal di luar negeri.

Manfaat dari website bagi perusahaan adalah:
a)      Meningkatkan visibilitas/kehadiran perusahaan. Dengan membuat website perusahaan berarti menambah visibilitas/kehadiran perusahaan. Bisa diibaratkan perusahaan membuka showroom (ruang pamer) yang baru
b)      Menyediakan informasi profil perusahaan secara detail. Pada saat suatu perusahaan berhubungan dengan perusahaan lain yang baru dikenalnya (misal baru saja menerima penawaran), mungkin dia akan mencari tahu lebih mengenai profil perusahaan yang baru saja memberikan penawaran. Perusahaan ini harus mengetahui profil dari perusahaan lain yang mungkin akan menjadi rekanan perusahaan tersebut. Perusahaan tersebut dapat mencari informasi lebih dalam dalam website perusahaan rekanan.
c)      Mengkomunikasikan produk dan jasa perusahaan secara mendetail. Dalam proses pemasaran, mungkin kita melakukan iklan di koran/majalah, iklan pada sebuah papan reklame, atau membuat brosur. Tempat/space yang disediakan dalam koran/majalah, papan reklame atau brosur pasti dibatasi dan tidak mudah untuk diubah informasinya. Sedangkan dalam website kita dengan mudah menambah informasi yang lebih mendetail dari produk-produk atau jasa-jasa yang kita tawarkan.  Jika perusahaan kita memiliki website maka kita hanya perlu meninggalkan alamat website/situs kita di dalam koran/majalah, papan reklame atau brosur untuk memudahkan orang atau perusahaan mendapatkan informasi lebih detail mengenai produk atau jasa yang kita ditawarkan.
d)     Mengingatkan calon pelanggan yang lupa. Dalam proses pemasaran, calon pelanggan menerima informasi mengenai perusahaan dan jasa kita yang mungkin didapat melalui presentasi, melihat brosure, browsing atau melihat iklan. Calon pelanggan mungkin kehilangan kartu nama perusahaan kita dan saat membutuhkan jasa kita dia akan mencari di internet(search engine) dan melakukan pencarian dengan keyword nama perusahaan kita. Jika kita sudah memiliki perusahaan, maka calon pelanggan akan dengan mudah menemukan website kita dan kemudian menghubungi kita dan kita dapat menjual jasa/produk kita.
e)      Memudahkan pelanggan menghubungi kita. Seperti kasus sebelumnya, pelanggan mungkin kehilangan kartu nama atau nomor telepon perusahaan kita. Pelanggan tentu mengingat nama perusahaan kita, kemudian melakukan pencarian di internet , mencari perusahaan kita, menemukan dan menghubungi kita kembali.
f)       Meningkatkan kualitas layanan pelanggan Dalam website kita dengan mudah menambahkan informasi-informasi yang terkait dengan produk atau jasa kita. Kita dapat menambahkan informasi mengenai hal-hal yang memecahkan persoalan yang mungkin dihadapi pelanggan. Informasi ini dapat langsung dibaca pelanggan atau sebagai pedoman bagi bagian support. Dengan demikian pelanggan mudah mendapatkan informasi mengenai keluhannya dan bagian support juga dipermudah dalam melayani pelanggannya.
g)      Meningkatkan kredibilitas perusahaan. Perusahaan yang memiliki website akan terkesan maju dan modern. Dengan demikian maka kredibilitas perusahaan akan meningkat.
h)      Sarana Penjualan Produk. Jika kita mempunya produk barang atau jasa yang ingin dipasarkan di internet, maka kita harus punya website. Website itu fungsinya adalah sebagai alat untuk memperkenalkan produk kepada dunia internet (Publikasi Bisnis) . Dengan banyaknya pemakai internet, Maka kita memiliki peluang untuk mendapatkan calon pembeli dengan jumlah yang cukup banyak.

i)        Mempermudah Komunikasi. Lewat website, kita bisa berkomunikasi dengan mudah. Baik itu dengan klien , dengan teman-teman kita, dengan calon konsumen dan sebagainya. Dengan adanya website tentunya kita bisa menghemat biaya komunikasi dan administrasi karena website modern itu dilengkapi dengan berbagai fitur komunikasi yang memungkinkan kita berbicara dengan pengelola website. Adanya kotak komentar di website, adanya form contact adalah sebagian kecil dari cara komunikasi lewat website.
j)        Memperkenalkan Profil Perusahaan. Semakin banyak orang yang mengenal profil perusahaan kita maka akan makin terkenal profil tersebut yang berkelanjutan dengan dikenalnya prodak yang kita jual. Sebuah perusahaan atau organisasi tentu mau jika profilnya dikenal luas. Untuk itu memilih website sebagai media publikasi profil perusahaan adalah salah satu cara yang inovatif karena dengan website perusahaan dapat beriklan dan menyampaikan informasi tanpa henti 24 jam sehari.  Selain itu juga memberikan edukasi klien dan calon klien tentang produk atau jasa yang  diberikan.
k)      Mendatangkan Calon Konsumen. Sebuah website juga bisa dijadikan sebagai sarana untuk mendatangkan calon konsumen.  Banyak perusahaan yang bisa menarik klien dari luar daerah atau bahkan luar negeri lewat website yang mereka miliki. Seperti yang kita ketahui, jumlah pengunjung website tidak hanya dari Indonesia, tetapi dari luar negeri. Hal tersebut tentunya sangat menguntungkan untuk perusahaan.
l)        Menjadi Sarana Resmi Publikasi Perusahaan . Lewat website, perusahaan  bisa menjadikannya sebagai sarana publikasi resmi. Misalnya perusahaan kita mengadakan undian berhadiah, maka informasi seputar kegiatan tersebut bisa ditampilkan lewat website yang dimiliki. Bahkan, hampir semua perusahaan dituntut untuk memiliki website.
m)    Branding. Membangun branding juga sangat penting bagi perusahaan. Nah peran membangun branding juga bisa dilakukan lewat website. Banyak website yang didesain secara khusus dan memiliki ciri khas tersendiri dari suatu perusahaan. Untuk itu branding lewat website sangat diperlukan .
n)      Kemudahan Memberi Informasi. Dengan memiliki sebuah website, perusahaan akan mudah untuk mengupdate informasi terbaru. Seperti jadwal kegiatan, berita terbaru, dan lain sebagainya. Dengan adanya website, konsumen maupun calon konsumen tetap bisa mengetahui perkembangan terbaru dari perusahaan Anda meski jaraknya sangat jauh. Selain itu, umumnya konsumen akan lebih suka berinteraksi dengan customer service perusahaan lewat sebuah website karena kepraktisannya.
o)      Kemudahan Melakukan Polling. Polling juga merupakan sarana untuk mengetahui keadaan dan keinginan konsumen atau calon konsumen saat ini. Lewat website, kita bisa membuat polling dengan mudah dan praktis namun bisa dimaksimalkan. Di internet ada banyak penyedia layanan pembuatan form isian polling yang bisa kita tampilkan di website. Dengan kemudahan ini, tentu polling juga bisa dilakukan lewat website.
p)      Menimbulkan Kesan Profesional . Sebuah perusahaan yang memiliki website, sudah pasti akan mendapatkan perhatian lebih dari perusahaan yang belum memiliki website. Konsumen maupun calon konsumen pasti akan melihat lebih dulu kepada perusahaan yang sudah memiliki website. Dengan adanya website mempermudah klien dalam melakukan bisnis. Meningkatkan kepercayaan atas bisnis yang kita berikan. Desain dan isi website dapat mencerminkan keseriusan anda atau perusahaan anda. Itulah sebabnya perusahaan harus punya website.
q)      Mencari Partner baru . Banyak perusahaan yang terkadang membutuhkkan partner untuk saling bekerja sama. Nah dengan mempublikasikan perusahaan lewat website yang dioptimalkan, akan semakin banyak orang yang tahu mengenai keberadaan dan eksistensi perusahaan. Dari sana mungkin saja perusahaan bisa menemukan partner bisnis yang cocok dan menguntungkan. Bahkan kita juga bisa memiliki paertner dari luar negeri

C.    Perbandingan Website Pemerintah dengan Swasta
Setiap orang selalu memerlukan beragam barang dan jasa baik yang disediakan oleh pemerintah maupun swasta. Prodauk barang atau jasa yang disediakan pemerintah ( public goods) diantaranya adalah pelayanan atas keamanan, pelayanan identitas diri seperti KTP, SIM maupun akta tanah, pelayanan listrik, pelayanan pendidikan maupun kesehatan.Meskipun untuk yang dua hal terakhir (pelayanan pendidikan dan kesehatan), pihak swasta juga menyediakannya. Masyarakat berhak memilihnya, sebab penyediaan layanan pendidikan maupun kesehatan tergolong pada substitute public goods (penyediaan pelayanan atas barangdan/atau jasa yang dilakukan lembaga pemerintah dan juga lembaga swasta).
Yang menjadi perbedaan mendasar antara pelayanan yang disediakan oleh negara (institusi pelayanan publik) dan swasta adalah dari sudut peran. Bahwa negara wajib mengelola sumber daya yang dimiliki dan mengalokasikan (dalam bentuk pelayanan publik dan subsidi) kepada rakyat demi kesejahteraannya. Oleh karena itulah, institusi pelayanan publik  bertanggungjawab kepada otoritas politik dan hukum. Disamping itu pelayanan oleh pemerintah tidak bersifat mencari laba non-profit oriented). Hal ini dikarenakan sumber  pendanaan institusi publik berasal dari dana publik, yang berasal dari retribusi dan pajak. Artinya penyediaan layanan tidak boleh memperhitungkan seberapa besar profit ataukeuntungan yang diperoleh. Sehingga, pelayanan publik akan bersifat ekonomis artinya biaya yang dibebankan harus terjangkau oleh masyarakat, bahkan gratis.
Pelayanan publik kita terbukti buruk dan berwajah angker terhadap konsumen, terutama, yang berasal dari kelas bawah. Pepatah “konsumen adalah raja”, kalimat yang tidak  pernah diindahkan oleh birokrasi sebagai penyedia layanan, dan mereka lupa bahwa rakyat adalah pemilik negara sementara mereka adalah pelayan atau dayang-dayangnya. Sistem dan perilaku birokrasi pelayanan publik lebih pada mencerminkan model organisasi yang tidak efisien dan efektif, minim akuntabilitas serta tidak berorientasi kepada masyarakat sebagai konsumen yang dilayaninya. Padahal di negeri ini sudah banyak produk peraturan perundangan yang dukeluarkan guna menjadikan pelayanan publik menjadi baik dan melindungi konsumen, namun masih sekedar menjadi tumpukan dokumen semata yang tidak ada kekuatan apapun.





























BAB III
PENUTUP

A.    KESIMPULAN
                 Bagi setiap organisasi pada era globalisasi saat ini penguasaan IT itu sangat penting baik bagi organisasi pemerintah maupun organisasi swasta. Penggunaan web pada organisasi pemerintah dan swasta sangat memberikan manfaat bagi masyarakat sebagai penerima layanan dan sebagai konsumen. Dimana didalam web tersebut pihak-pihak organisasi dapat memberikan pelayanan, berbagi informasi dan berita terbaru yang dibutuhkan oleh masyarakat.
























DAFTAR PUSTAKA


Davis. Gordon, Kerangka Dasar SISTEM INFORMASI MANAJEMEN bagian 1 PNGANTAR, seri manajemen No. 90-A, PT Pustaka Binaman Pressindo, Jakarta, agustus 1999

Tidak ada komentar:

Posting Komentar